Minggu, 09 Oktober 2016

Ilmu Budaya Dasar yang dihubungkan dengan prosa

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjye_irHHz4iciYf0YeVAvAfHtwVWcv3rDyxuDu4ErY0fOHgwflHpB8LihjIaqSNeOLpRKTidXBNrTS3MErnoHQLvI3vD_WfxoETZbRn9pglOHbZBJT56kYX0HnSTv-hhsZh4BlhFvstKzq/s1600/menulis-sastra.png
 
 
 
 
Prosa adalah bentuk karya sastra yang disusun dalam bentuk cerita secara bebas, yang tidak terikat rima dan irama. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang".

Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.

Prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu;
 § Prosa Lama
 §  Prosa Baru

 Prosa Lama

Prosa lama adalah sebuah karya sastra yang belum mendapat pengaruh dari kebudayaan barat. Pada awalnya prosa lama berbentuk lisan karena belum ditemukannya alat tulis menulis. Namun, kini prosa lama juga dapat ditemukan dalam bentuk tulisan.

Adapun bentuk-bentuk prosa lama, diantaranya adalah:
  • Hikayat
Hikayat merupakan cerita yang berisi tentang kehidupan para dewi, dewa, pangeran, raja, dan lain-lain. Cerita-cerita yang ada di dalam hikayat bersifat fiksi dan tidak masuk akal.

Contoh: Hikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, Hikayat Raja Bijak, dan lain-lain.
  • Sejarah
Sejarah adalah salah satu bentuk prosa lama yang bercerita tentang peristiwa-peristiwa tertentu. Sejarah sastra lama berbeda dengan sejarah yang ditulis pada masa kini. Kebanyakana sastra lama sejarah disampaikan dengan menambahkan penyedap atau bumbu-bumbu cerita sehingga terdengar lebih menarik. Sedangkan sejarah yang ditulis pada masa kini sama persis dengan kejadian sebenarnya dan dapat dibuktikan dengan fakta.

Contoh: Sejarah Melayu yang ditulis oleh Tun Sri Lanang pada tahun 1612.
·        
  •  Kisah
Kisah adalah prosa lama yang berbentuk cerita-cerita pendek. Biasanya kisah bercerita tantang sebuah perjalanan, pengalaman atau petualangan orang-orang dahulu.

Contoh: Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.
  • Dongeng
Bentuk prosa lama ini bercerita tentang khayalan-khayalan masyrakat pada zaman dahulu. Ragam dan bentuk dongeng pun berbeda-beda sesuai dengan isinya.


Prosa Baru

Prosa baru adalah bentuk prosa yang muncul setelah mendapat pengaruh dari budaya-budaya asing atau barat. Bentuk prosa ini muncul setelah prosa lama dianggap telah kuno.

Adapun bentuk-bentuk prosa baru, diantaranya adalah:
  • Roman
Roman adalah prosa baru yang menceritakan tentang kehidupan seseorang, dimulai dari lahir hingga kematiannya.

Contoh: Layar Terkembang karya Sultan Takdir Ali Syahbana.
  • Novel
Bentuk prosa baru ini menceritakan sebuah cerita atau kisah yang panjang. Novel menceritakan sebagian kehidupan seseorang sebagai tokoh utama yang mengandung beberapa konflik. Konfilk-konflik tersebutlah yang merubah kehidupan pelaku utamanya.

Contoh: Novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Ave Maria, dan lain-lain.
  • Cerpen
Prosa baru ini menceritakan sebuah pengalaman atau sebgaian kecil kisah pelaku utamanya. Yang membedakan cerpen dengan novel adalah konflik pada cerpen hanya satu dan tidak meyebabkan perubahan sikap tokoh utama.

Contoh: Robohnya Surau Kami karya A.A Navis, Keluarga Gerilya karya Pramoedya Ananta, dan lain-lain.
  • Riwayat
Riwayat menceritakan sebuah kisah yang berisi tentang pengalaman-pengalam hidup seseorang yang diangkat dari kisah nyata orang tersebut dari lahir hingga meninggal. Biasanya yang dieritakan adalah tokoh-tokoh terkenal dan menginspirasi orang banyak.

Contoh:
§  Biografi: kisah tokohnya  ditulis oleh orang lain.
§  Otobiografi: kisahnya ditulis oleh orang yang bersangkutan.

  • Kritik
Kritik berbentuk sebuah uraian-uraian pertimbangan seseorang terhadap suatu hasil kerja atau karya orang lain. Kritik berisi alasan-alasan tertentu dan bersifat objektif atau menghakimi.
  •  Resensi
Resensi adalah prosa baru yang isinya membicarakan atau mengulas suatu karya baik yang berbentuk buku, film, lagu maupun jenis karya seni lainnya. Tujuannya untuk memberikan penilaian terhadap suatu karya baik dari segi tema, tokoh, alur dan unsur-unsur lainnya agar menjadi pertimbangan bagi pembaca untuk menikmati atau tidak karya tersebut.
  • Esai
Prosa ini berisi tulisan-tulisan yang mengandung pendapat-pendapat pribadi penulisnya terhadap sesuatu yang sedang menjadi bahan pembicaraan hangat di masyarakat.




 daftar pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar